features Berita Terkini

banner1 small   banner2 small   banner3 small

 

Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018

29 Oct

74
Written by Super User

Pengadilan Agama Pati menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda Yang Ke 90 Tahun 2018. Pelaksanaan upacara ini sendiri berlangsung dengan sangat sederhana.

Saryono, S.Kom dan Hadi Sulistiyo, S.E. membaca teks Undang-Undang Dasar 1945 dan Ikrar Sumpah Pemuda

Drs. H. Tashin sebagai inspektur upacara dengan didampingi sdr. Sismanto

 

Seluruh pegawai mengikuti kegiatan upacara bendera dengan hitmat

Upacara diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Agama Pati termasuk Hakim. Tidak ketinggalan seluruh pegawai baik PNS maupun Non PNS. Sebagai inspektur Upacara adalah Drs. H. Tashin. Dengan pemimpin Upacara Drs. H. Ana Mansuran, M.H.. Upacara ini diinstruksikan kepada seluruh pengadilan di  bawah Mahkamah Agung.

Jangan Abu Sumpah Pemuda Tetapi Api Sumpah Pemuda

27 Oct

339
Written by Super User

Pengadilan Agama Pati sebagai tindak lanjut surat edaran Menteri Pemuda dan Olahraga yang dipertegas surat Sekretaris Mahkamah Agung RI. Pelaksanaan Upacara diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 27 Oktober 2017 dimana seharusnya pelaksanaan upacara adalah tanggal 28 Oktober 2017.

Ketua Pengadilan Agama Pati sebagai inspektur upacara, membacakan amanat yang merupakan sambutan menteri Pemuda dan Olahraga. Pada amanatnya kembali mengingatkan semua peserta upacara tentang perjuangan dan semangat para pemuda kala itu. 

"Jangan warisi abu sumpah pemuda tetapi warisilah api sumpah pemuda" begitu saduran dalam sambutan yang merupakan nukilan dari pernyataan Bung Karno. Dalam sambutanya kita kembali diingatkan untuk tetap fokus bukan hanya kemerdekaan yang kita impikan, melain bahwa kemerdekaan adalah satu langkah yang telah tercapai kini saatnya kita menggelorakan kembali dengan api semangat para pemuda kala itu yang mengikrarkan sumpah pemuda untuk mewujudkan Kesejahteraan yang merata dan berkeadilan.

Kunjungan ke Panti Asuhan dalam rangka HUT MA RI ke 71

19 Aug

804
Written by Super User

Setelah jumatan rombongan yang dipimpin oleh ketua Drs. Abd Rozaq, M.H. yang diikuti oleh Hakim Drs. H. Sudjadi, S.H., M.H., Panitera Drs. H. A Heryanta Budi Utama dan sekretaris H. Ahmad Hartono, S.H. mengunjungi panti asuhan di kabupaten pati dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agunh Republik Indonesia yang ke 71. 

Di pagi hari diawali dengan upacara bendera bersama dengan Pengadilan Negeri Pati, setelah melaksanakan sholat jumat berjamaah di Masjid Agunh Baitunnur Pati rombongan langsung beranjak ke gedung belakang masjid. Ke Panti Asuhan baitunnur yang memang berlokasi tepat dibelakanb masjid.

20160819 125057

Di panti asuhan bertemu langsung dengan pengelola dan bertepatan juga dengan anak asuh waktu makan siang. Dengan hangat rombongan disambut opeh pengelola. Acara diakhiri dengan doa bersama dan foto bersama rombongan dan penghuni panti.

20160819 125217

Safari ke Panti dilanjutkan ke Panti Asuhan Ikhlasul Amal Wedarijaksa. Karena tidak ada konfirmasi terlebih dahulu dan memang mendadak rombongan tidak bertemu dengan anak asuhan panti dan hanya disambut oleh pengelola dan dua orang anak asuh yang kebetulan baru pulang dari sekolah.

20160819 135804

20160819 140012

Dari rangkaian kunjungan kali ini banyak hikmah yang dapat kita petik, mudah-mudahan tahun depan atau diwaktu yang akan datang kita bisa mengistiqomahkanya. Amiin.

KMA Resmikan 85 Pengadilan Baru Di Utara INDONESIA

24 Oct

66
Written by Super User

Melonguane – Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. meresmikan pengoperasionalan 85 pengadilan baru di Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud pada Senin 22 Oktober 2018. Peresmian tersebut dihadiri oleh para Pimpinan Mahkamah Agung, Gubernur dan Forkopimda Sulawesi Utara, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Talaud, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia, serta para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama pada 85 pengadilan yang baru.

Ketua Mahkamah Agung dalam pidatonya mengatakan bahwa terbentuknya pengadilan baru tidak hanya semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administratifnya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting pada setiap pembentukan pengadilan baru adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan.

Pengadilan Negeri Melonguane yang meliputi wilayah hukum Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu pengadilan baru yang diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung. Sebelumnya Kabupaten Kepulauan Talaud termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Tahuna yang berada di Kabupaten Sangihe, padahal dua kabupaten tersebut berada pada pulau yang terpisah oleh laut.

Pembentukan Pengadilan Negeri Melonguane tersebut merupakan bentuk upaya pemerintah dan Mahkamah Agung dalam memberikan kemudahan akses keadilan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, karena semasa masih menjadi wilayah Pengadilan Negeri Tahuna, para pencari keadilan yang berdomisili di Kabupaten Talaud harus terbang terlebih dahulu ke Manado kemudian dilanjutkan dengan penerbangan ke Kabupaten Sangihe. Dengan dua kali penerbangan tersebut, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh para pencari keadilan untuk datang ke pengadilan menjadi sangat tinggi, bahkan para pencari keadilan juga harus menginap karena jadwal penerbangan pesawat dari Manado ke Melonguane hanya satu kali dalam sehari.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Maria Manalip, S.E. menyebutkan dalam sambutannya bahwa kehadiran pengadilan di Kabupaten Kepulauan Talaud dan acara peresmian di Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan kebanggaan bagi kami, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud telah memberikan lahan dengan status hibah seluas 1000m2 yang telah disertifikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia cq Mahkamah Agung RI.

Pemerataan akses keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia merupakan bagian dari implementasi visi Mahkamah Agung dalam mewujudkan peradilan yang agung, karena layanan untuk mendapatkan keadilan bukan hanya menjadi hak bagi masyarakat yang tinggal di kota, namun juga menjadi hak seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang tinggal di wilayah-wilayah terpencil di ujung perbatasan Indonesia. (humas/foto pepy)

Pelaksanaan Eksekusi Perkara 003.Pdt.Eks.2015

20 Feb

503
Written by Super User

Hari dengan berlangsung lancar dan tanpa kendala Pengadilan Agama Pati, telah dengan sukses melaksanakan eksekusi sebidang tanah di Desa Margomulyo, Kec. Tayu. Kegiatan Eksekusi dengan melibatkan berabagai pihak terkait yang terdiri dari BPN, Pemerintahan Desa setempat dan dibantu oleh Pihak Keamanan dan TNI. Kegiatan eksekusi juga disaksikan oleh pihak pejabat Kecamatan Tayu.

Kegiatan Eksekusi diawali di Kantor Desa Margomulyo oleh Jurusita Pengganti dan didampingi Panitera Pengadilan Agama Pati.

Petugas Jurusita pengganti Chambali, S.H., M.H. beserta pejabat BPN Pati.

Pelaksanaan Eksekusi Lahan